Di hari2 awal kelahiran bayi ,sebagian besar ibu khawatir karena ASI nya masih belum keluar atau keluar tapi masih sangat sedikit.

Mommy jangan panik dulu karena kolostrum di 5 hari pertama produksinya memang sedikit, kebutuhan ASI untuk bayi pun belum banyak karena lambung bayi masih seukuran kelereng (2-5ml) dan pada bayi masih ada cadangan makanan (glikogen dan brown fat) hingga usia 5 hari.

Saat usia kehamilan memasuki 16 minggu hormon prolaktin sudah mulai memproduksi ASI tetapi belum keluar karena dihambat hormon progesteron.Oleh karena itu setelah proses persalinan (plasenta keluar dari rahim) kadar hormon progesteron menurun dan kadar hormon oksitosin akan mulai naik dalam peredaran darah ,fungsinya untuk membantu proses pengeluaran ASI yang sudah diproduksi sejak kehamilan.

Lalu bagaimana agar ASI cepat keluar dan produksinya makin banyak ? Yuk kita rangsang agar hormon OKSITOSIN nya bekerja!

1.Lakukan IMD (inisiasi menyusu dini)segera setelah proses persalinan min. 30 menit-1 jam bila kondisi ibu dan bayi memungkinkan.

2.Ketika masih dalam perawatan di rumah sakit perbanyak kontak skin-to-skin dengan bayi saat rooming-in sehingga ibu tau lltanda2 lapar pada bayi.Batasi kunjungan tamu agar ibu bs istirahat dan lebih tenang saat menyusui bayi nya

3.Menyusui SEMAU bayi tidak DIJATAH atau DIJADWAL (unrestricted feeding).Apabila bayi masih banyak tidur harus dibangunkan setiap 2-3 jam untuk disusui.Newborn harus disusui sekitar 10-12 x dalam 24 jam. Hubungi kamar bayi untuk mengantar bayi ke kamar anda bila sudah jam nya menyusui.

4.Pelajari dan kuasai teknik posisi dan pelekatan (Latch on) yang benar karena ini akan sangat menentukan keberhasilan pemberian ASI.Keluhan pada menyusui banyak karena teknik menyusui yang belum tepat.

5.Rangsang payudara sesering mungkin dengan hisapan bayi dan perah Payudara setelah menyusui kalau perlu.

6.Jangan tunggu sampai bayi frustasi menangis kelaparan karena pelekatan akan lebih sulit,bayi cenderung melepas cabut areola sehingga membuat puting ibu mudah lecet

7.Bantuan dan dukungan keluarga terdekat terutama SUAMI SANGAT membantu proses keberhasilan