MITOS:Menyusui bayi langsung pada payudara bisa membuat payudara kendur .

Pompa/pumping aja daripada menyusui langsung,kalo pompa ga bikin kendur. Direct Breastfeeding may cause saggy boobs (payudara kendur)? Bener ga sih ? Pernah ga sih para mommies dapet info seperti itu?🤔 Saat kehamilan seringkali para ibu banyak mendapatkan informasi dan nasihat2 yg beberapa diantaranya benar tapi ada jg yg TIDAK sesuai fakta. Apalagi kalau orang terdekat disekitar kita yang memberikan info nya .. Pasti langsung kepikiran deh.

Nah salah satu nya ini yang sering membuat para mommies takut dan ragu untuk menyusui bayinya secara langsung.Takut payudaranya tidak indah dan tidak menarik lagi nanti setelah bayi weaning (disapih).

Fakta :

Penelitian menyatakan bahwa penyebab payudara kendur bukan karena proses menyusui nya tetapi lebih pada proses kehamilan.
Saat kita hamil bentuk payudara kita berubah menjadi lebih besar dan kencang karena kelenjar payudara mulai dipersiapkan untuk menghasilkan ASI, hal ini menyebabkan jaringan di bawah kulit dan ligamen yang menopang payudara menjadi renggang.
Hal ini terjadi pada hampir SEMUA wanita hamil yang menyusui maupun tidak menyusui; menyusui langsung atau pompa eksklusif.

Selain itu banyak faktor lain yang berkontribusi terhadap payudara kendur selain kehamilan.
1. Usia : semakin kita menua jaringan elastin para kulit akan semakin hilang
2. Gravitasi bumi
3. Genetik: berperan pada kelenturan jaringan elastin
4. Merokok:mengurangi elastisitas jaringan
5. Obesitas: berpengaruh pada elastin jaringan dan tonus/kekencangan otot
6. Kurangnya Olahraga: kurangnya latihan pada otot penopang payudara ( pectoralis muscle)

So,jangan takut mommies untuk menyusui bayi anda langsung pada payudara. Jaga keindahan payudara dengan hidup sehat,tidak merokok,memakai bra yang tepat,olahraga dan diet nutrisi seimbang . 💖Menjadi ibu akan membuat tubuh anda berubah.
Tidak semua perubahan yang terjadi itu buruk.It’s simply different and different can still mean BEAUTIFUL and healthy in a new way.💖
Breast is best.