Banyak moms yg datang ke klinik laktasi dan mengeluh produksi nya berkurang jauh karena bayinya tidak menyusu langsung..Exclusive pumping banyak menjadi pilihan para ibu modern krn berbagai macam kondisi dan kendala yang ditemui saat menyusui.

Tenang moms..Produksi ASI masih bisa ditingkatkan kok.. Hasil dari pompa TIDAK menggambarkan produksi ASI sebenarnya di payudara ibu .ASI akan terus keluar bila kita perah dengan benar.

Nah,tips2 di bawah ini bisa dicoba.. 1.Frekuensi pompa WAJIB diperbanyak misalnya yg tadinya per 5 jam jd per 2 jam ,HARUS rutin ,durasi pompa tiap payudara 20-30 min

2. Diselingi teknik power pumping 1-3x dalam sehari

3. Jika produksi sangat drop, dianjurkan menggunakan ASI booster co: domperidone ( harus konsul untuk dosis dan cara pemakaiannya yah ke konselor laktasi krn akan berbeda adjustment nya untuk setiap kasus

4. Jika memungkinkan dan ibu mau ,bisa dilakukan relaktasi( bayi belajar menyusu di payudara kembali ),semakin muda usia bayi tingkat keberhasilan lbh tinggi)
5. Perbanyak skin to skin dg bayi (meningkatkan oksitosin)

6. Bila sedang memompa di luar rumah (misal : ibu bekerja )dan ibu tidak bersama dg bayi, ibu sebaiknya memompa sambil menonton video bayi atau melihat foto bayi /bisa jg sambil mencium baju bayi (hasil pompa biasanya lbh banyak)

7. Cek alat pompa apakah ibu cocok dg manual/electric ,single atau double pump,ukuran corong , merk pompa ,usia sparepart spt selang , membran dll nya.Breastpump yang tidak sesuai akan membuat hasil pompa tidak maksimal
8. Kompres hangat (5-10 min) dan massage ringan sebelum memompa PD

9. Selesai pompa pastikan kedua PD sudah terasa lunak/ringan.Bila ASI sudah tidak keluar lg di saat pompa,coba perah dengan tangan.

10.Hindari stres berlebih, berusaha untuk relax dan terus visualisasikan ASI akan bertambah banyak dan mencukupi kebutuhan bayi.Tidak baper bila melihat hasil pompa hanya sedikit.

12.Jangan ragu untuk mencari support atau konsul konselor laktasi bila masih kesulitan